Halaman

Jumat, 11 Januari 2013

Ombak, Energi Terbarukan

Kemaren gak sengaja nonton History Channel, pas TV kabel gw baru aja dibayar tunggakannya, hehehehe. Ketemu nih tentang energy terbarukan. Gw sendiri adalah seorang pencinta Fisika, Yaa biarpun gak pinter-pinter amat ^_^.
Oke, gw tertarik ama Pembangkit Listrik Tenaga Ombak Laut, hasil kreatifitas. Sederhana tetapi benar benar bermanfaat. dibuat memang dalam skala kecil, tapi udah bisa menghasilkan energy listrik yang dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga sederhana. Coba kalo ada yang mau menjadi sponsor pembuatan pembangkit energy terbarukan ini, bisa mantap tuh, kita bisa menghemat energy yang mahal itu.

ini nih, gw posting juga skema sederhana pembangkitnya, sorry link ke videonya di History channel gak ketemu (sebenarnya sih, lagi cepet-cepet bikin postingan, maklum tadi udah mau jumatan ^_^ jadi males browsing)

Di Baca nih... ^_^
Pertama tama, temukan daerah yang ombaknya cukup bagus, gak besar, tetapi konsisten, alias selalu ada kemungkinan flukstuasi gelombang.

Kemudian, sediakan pipa yang agak besar. kalo di History Channel, Pipanya dibuat dari besi biar kuat, terus ada rangka penyangganya.

Sediakan juga, Motor Listrik sebagai generatornya ^_^

Baling baling Turbin.

Bentuk penampang baling-baling turbinnya juga spesial, desainnya disesuaikan untuk menjaga konsistensi rotasi turbin, biar tetap CW atw CCW gitu, jadi tetap konsisten satu arah untuk menghasilkan gelombang listrik (baik yang positif saja atau yang negatif saja). Bentuk penampangnya hampir sama seperti sayap pesawat, aerodinamisnya akan membuat baling baling berputar pada satu arah saja ^_^.

Media penyimpan energy listrik (optional sih, kita kan cuman pengen coba menggenerasikan energy, nyimpen mah, sma PLN aja ^_^) sama media untuk menyalurkan energy listrik.

Kayaknya kita juga butuh transformator ataupun stavol, biar tegangan keluarannya stabil dan sesuai dengan kebutuhan ^_^

Pipa besar itu, digabungkan dengan kerangka penyangganya, kalo di History channel, di Las Bareng biar kokoh ^_^.
Setelah itu, Instalasi dasarnya dipasang pada dinding daerah yang kokoh dan posisinya tepat berada di jalur gelombang lautnya. Gelombang ini yang akan jadi sumber energy penggerak nantinya.
Setelah terpasang, kan ombaknya naik turun tuh, artinya ada udara bergerak didalam pipa, jika hembusannya cukup kuat, maka dasar pembuatannya udah selesai ^_^.
Motor listrik tersebut, dipasang tepat di atas Pipa yang tadi, tentunya baling-baling udah terpasang di motor listrik itu.
Keluaran dari motor listrik itu, disambungin deh ke transformator atau Stavol, Keluaran dari stavol, bisa masuk ke media penyimpanan listrik, biar kita punya cadangan energinya (Optional). Alatnya ada tuh di toko toko electric engineering (Gak tau namanya apa ^_^). Bisa juga sih langsung disambungkan ke Instalasi rumah kita, atau minimal rumah "percobaan" kita bisa lampu atau alat listrik lainnya, biar teruji dahulu keefektifannya (Susah banget nyebutinnya :)
Kalo instalasinya udah bener, pasti deh kita udah berhasil menggenerasikan energy listrik terbarukan. ^_^

Gambarnya, gw buat sendiri lho, tapi sesuai dengan apa yang gw lihat di History Channel.


"We are Innovator" (Gundam 00)

6 komentar:

  1. wah baru tahu nih gan, izin nyimak ah biar pinter dan ganteng, hhe... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo ^_^ Udah ganteng tuh. Tangkyu udah mampir...

      Hapus
  2. Wah bener juga nih mas, emang kalo dari skemanyanya sih bisa demikian. tinggal peralatannya aja sih. sebenernya juga masih banyak diluar sana pembangkit listrik alternatif, tapi kurang mendapatkan perhatian dalam membangunkannya. semoga anda bisa mengembangkannya suatu saat dan bisa bermanfaat bagi banyak orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh, masih jadi "anak tiri", karena kita terlalu bergantung pada yang sudah ada, dan terlalu "takut" mengeluarkan biaya untuk investasi pembangkit alternatif. Terima Kasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  3. wow..si agan pinter..ajarin donk gan..maklum,ane cm lulusan SD gan. Jd g trlalu ngeh soal bginian..tp pengen bisaaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, ane juga cuma modal history channel aja gan, modal nonton doang nih... ^_^
      Terima kasih udah mampir ^_^

      Hapus